RSS

Sesuatu Yang Tak Ternilai

28 Aug

Note :

Artikel yang saya postingkan di bawah ini, sebuah bentuk terima kasih saya kepada tim Majalah SWA yang mendukung pengembangan kompetensi para jurnalisnya. 

———————————————–

ASEAN, Siapakah Gerangan Tuan?

Kamis, 21 Agustus 2008

ASEAN, Association of South East Asia Nations, didirikan di Bangkok pada 1967 dan kini beranggotakan 10 negara Asia Tenggara, masih terasa sebagai asosiasi yang kurang luas dikenal, apalagi melembaga, di masyarakat negara-negara anggotanya.

Pers, media cetak dan elektronik, sejatinya berperan penting untuk memaknai misi dan visi ASEAN dalam mewujudkan kerja sama dan integrasi regional di Asia Tenggara.

The Institute International for Journalism IIJ-InWent, yang didukung Kementerian Ekonomi & Budaya Republik Federal Jerman, bekerja sama dengan Sekretariat ASEAN menyelenggarakan program pelatihan di Jakarta yang berlangsung pada 28 Juli-8 Agustus 2008. Pelatihan Tahap I bertema Reporting on Regional Integration in South East Asia – History, Institutions and Policies of ASEAN ini diikuti para wartawan dari Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Kamboja dan Myanmar. Seorang rekan dari sebuah media elektronik dan Tutut Handayani, wartawan Majalah SWA, terpilih mewakili Indonesia dalam pelatihan tersebut.

Pelatihan yang diselenggarakan dalam bahasa Inggris ini dipimpin dua dosen (lecturer), Prof. Dr. Martin Loeffelholz dan Ms. Andrea Thalemann. Selain dituntut untuk berpartisipasi aktif, setiap peserta juga ditugaskan membuat proposal dan mempertahankan argumen atas usulnya untuk dituangkan dalam makalah yang dipresentasikannya di depan hadirin. Para peserta juga dilatih menulis berita singkat (hard news) dengan struktur kalimat yang padat, baik dan benar. Tutut menulis makalah bertajuk “Indonesia to Take Advantage of ASEAN Single Window System”.

Para peserta pelatihan juga diperkaya dengan pendapat sejumlah pakar, termasuk Dr. Surin Pitsuwan, Sekretaris Jenderal ASEAN; Dr. Termsak Charlermpalanupapi, Asisten Khusus Sekjen ASEAN; Prof. Dr. Danilo Arana Arao dari University of the Philippines; Moritz Kleine-Brockhoff, koresponden Frankfurter Rundschau untuk kawasan Asia Tenggara; Quang Anh Le dan Ms. Carla Budiarto, keduanya dari Sekretariat ASEAN.

Para wartawan peserta pelatihan Tahap I — akan diikuti oleh Tahap II — diharapkan lebih terbuka wawasan mereka tentang apa-siapa ASEAN dan manfaatnya bagi negara-negara anggotanya. Redaksi

 (swa)

 
Leave a comment

Posted by on 2013/08/28 in My Personal Life

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

Cerita4Musim♡

{ Every once in a while, in an ordinary life, love gives us a fairytale.....}

Cha in Hate 'n Love

Because life is about hate and love

Tio

Just wanna share my experience

%d bloggers like this: