RSS

Indonesien i svenska

11 Jan

Tulisan di bawah ini merupakan tugas pertama saya untuk menulis tentang Indonesia dalam bahasa Swedia.  Saya mendapatkan tugas ini dari guru (lärare dalam bahasa Swedia, red) saat mengikuti kelas pengantar bahasa Swedia khusus untuk para imigran di Svenska För Invandrare (SFI).

Land karta Indonesien (source: Istimewa)

Indonesien är min hemland. Jakarta är Indonesiens huvudstad.  Den har 240 miljoner invånare som bor på 13.000 öar. Det största är Java, Sumatera, Borneo eller Kalimantan på indonesiska, Sulawesi och Papua.

Indonesien har 300 olika språk och dialekter men  folk talar indonesiska.  Indonesien är en republik. Vi har Bhineka Tunggal Ika eller Unity in Diversity på engelska. Bhineka Tunggal Ika finns inskrivet i landets konstitution.

Indonesien har 33 provinser. En populär landsort är Bali. Turister gillar att resa till Bali.

Indonesien har två årstider. Det är regn och torr period. Indonesien är varmt. Indonesien ligger precis vid ekvatorn i Syd öst asien.

Jag lär mig svenska för att hjälpa mig att kommunicera lätt med folk.

Terjemahannya :

Indonesia adalah Tanah Airku. Jakarta adalah ibukotanya. Indonesia memiliki 240 juta penduduk yang tersebar di 13.000 pulau. Beberapa pulau yang terbesar, yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Indonesia mempunyai 300 macam bahasa daerah tetapi penduduknya berbahasa Indonesia.

Indonesia itu negara Republik. Kami memiliki Bhineka Tunggal Ika atau Unity in Diversity yang tertulis dalam konstitusi.

Indonesia mempunyai 2 musim, yakni musim hujan dan kemarau. Indonesia itu hangat karena letaknya yang persis di garis khatulistiwa di Asia Tenggara.

Saya belajar bahasa Swedia untuk memudahkan saya berkomunikasi dengan masyarakat di sini (Swedia, red).

Note : terserah buat orang yang akan mengatakan…ah…baru segitu aja bahasa Swedianya sudah berani nulis. Itukan mudah, siapapun pasti bisa. Tetapi, buat saya ini sebuah pencapaian tersendiri. Setidaknya saya berani mencoba menulis daripada tidak sama sekali dan membuka diri terhadap sesuatu yang benar-benar baru.

Belajar bahasa Swedia melalui online memang mudah dilakukan oleh siapapun dan kapanpun, saya pun melakukannya sebelum ikut kursus SFI. Kursus SFI ini bagi sebagian orang itu membosankan dan bertele-tele. Tetapi, faktanya buat saya sendiri, kursus SFI sebagai proses untuk mau belajar mendengar, dibenarkan (dikritik secara positif agar lebih baik) dan sabar (karena kadang saya terlalu banyak tanya kalau tidak mengerti dan suka mengerjakan banyak tugas di diktat yang sebenarnya belum diminta untuk dikerjakan oleh guru). Saya cuma mau menjalankannya saja dengan sebaik mungkin. Saya pernah memulai kursus bahasa Inggris di sebuah lembaga bahasa Inggris ternama di Jakarta dan memulai dari level dasar. Perlahan tapi pasti saya melalui semua level hingga advance di lembaga bahasa tersebut.

Ya..semua orang punya alasan mengikuti atau tidak kursus SFI ini. Saya menghormati alasan setiap orang. Pastinya, saya suka mengikuti SFI selain saya bisa belajar bahasa Swedia yang baik dan benar, saya pun bertemu dengan banyak orang yang beraneka ragam budayanya. Saya pun banyak mendapatkan wawasan baru.

 
Leave a comment

Posted by on 2012/01/11 in Me and Sweden

 

Leave a Reply

 
Ailtje Ni Diomasaigh

Ramblings of an Indonesian Woman

Cerita4Musim♡

{ Every once in a while, in an ordinary life, love gives us a fairytale.....}

Cha in Hate 'n Love

Because life is about hate and love

Tio

Just wanna share my experience

